Home Berita 3 Alasan Timnas Indonesia U-17 Perlu Rekrut Pemain Garuda Select untuk Piala Dunia

3 Alasan Timnas Indonesia U-17 Perlu Rekrut Pemain Garuda Select untuk Piala Dunia

6 min read
0
0
1,240
Tim Garuda Select saat berhadapan dengan Inter Milan U-17 (Dok. Garuda Select).

publiksultra.id – PSSI dan jajaran staf pelatih Bima Sakti Tukiman dihadapkan dengan tugas berat setelah Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Mereka harus segera mencari pemain dan mempersiapkan tim.

Selain bakal menjaring talenta berbakat lewat seleksi di sembilan kota, Timnas Indonesia U-17 mungkin perlu melirik para penggawa Garuda Select untuk masuk skuad Piala Dunia U-17 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 2023 yang akan dihelat pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Kepastian Garuda Asia bertarung di ajang tersebut tak lepas dari keputusan FIFA yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan untuk menggantikan Peru.

Semula, Timnas Indonesia U-17 tak lolos ke ajang tersebut usai gagal total di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 medio Oktober 2022 lalu.

Timnas Indonesia U-17 [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Kegagalan lolos ke Piala Asia U-17 2023 yang jadi syarat untuk ke Piala Dunia U-17 2023 itu membuat Timnas Indonesia U-17 sempat dipastikan tak akan ambil bagian di event dunia tersebut.

Namun nasib baik masih menaungi usai FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah, sehingga Timnas U-17 berhak tampil di Piala Dunia U-17 2023 sebagai wakil tuan rumah.

Jelang bergulirnya ajang tersebut, Timnas Indonesia U-17 telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih dan akan melakukan seleksi pemain untuk ajang tersebut.

Dari sederet pemain muda yang ada, muncul wacana agar Timnas Indonesia U-17 merekrut pemain dari Program Garuda Select untuk Piala Dunia U-17 2023.

Lantas, mengapa Timnas Indonesia U-17 perlu menarik pemain dari Garuda Select untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023? Berikut alasannya.

1. Pengalaman Di Luar Negeri

Striker Garuda Select Muhammad Ragil jebol gawang Bournemouth. (Instagram/@programgarudaselect)

Program Garuda Select merupakan program pemain muda Indonesia yang diselenggarakan tiap tahunnya dengan berlatih di Inggris dan bahkan Italia.

Dalam perjalanannya di Garuda Select, para pemain muda ini tak hanya berlatih, melainkan juga beruji tanding melawan tim-tim dari Inggris dan Italia.

Karena berlatih dan bertanding melawan tim-tim Inggris dan Italia itu, pemain Garuda Select punya pengalaman lebih mumpuni yang bisa dimaksimalkan untuk Piala Dunia U-17 2023.

2. Dilatih Pelatih Top

Tim Pelatih Garuda Select (dok. PSSI).

Di Garuda Select, para pemain muda Indonesia berkesempatan dilatih pelatih top pada sosok Dennis Wise dan juga Des Walker.

Dua sosok ini punya nama besar di Inggris sebagai pelatih yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik pemain yang dibinanya.

Dari tangan keduanya, banyak pemain Indonesia yang mampu menembus klub-klub luar negeri seperti Brylian Aldama hingga Bagus Kahfi.

3. Punya Jam Terbang Mumpuni

Garuda Select vs Queens Park Rangers. [IG:@programgarudaselect]
Sebelum Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Timnas U-17 dapat dikatakan nonaktif, sejak terakhir kali tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Karena nonaktif dan tak ada event yang diikuti, para pemain Timnas Indonesia U-17 pun tak cukup banyak bertanding. Apalagi kompetisi pemain muda di Tanah Air belum mumpuni.

Sehingga opsi memanggil pemain dari Garuda Select bisa jadi jawaban untuk Piala Dunia U-17 2023, karena para pemain tersebut rutin berlatih dan beruji tanding di setiap pekannya.

Kontributor: Felix Indra Jaya

 

Sumber: Suara

Load More Related Articles
Load More By afghan26
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cristiano Ronaldo Tendang Wajah Eks Kiper Man United, Absen saat Portugal Lawan Luksemburg

publiksultra.id – Cristiano Ronaldo beruntung tidak mendapatkan kartu merah langsung…