5 min read
0
0
42
ilustrasi PNS-ASN/Foto: istimewa

Publiksultra.id- Aparatur Sistem Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerapkan sistem kerja baru. Mereka bisa bekerja di mana pun nantinya.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama.

Ia mengatakan, jika sistem kerja baru ini dinamakan WFA (Work From Anywhere) alias bisa bekerja dari mana saja.

Satya menjelaskan dengan sistem WFA ini, diharapkan untuk semua PNS dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Tujuannya ialah meningkatkan kinerja dan kepuasan ASN dalam bekerja, sekaligus meningkatkan efektifitas dan efisiensi birokrasi pemerintahan,” katanya kepada detik.com, Rabu (11/5/2022).

Sistem WFA bagi PNS merupakan pengembangan sistem kerja dari rumah (work form home/WFH). Sistem baru ini akan membuat para PNS tidak hanya bisa bekerja dari rumah, tapi juga kafe, bahkan pantai.

Satya menegaskan, terpenting para ASN bisa menjalankan tugas dengan benar.

“Bekerja dan berkinerja,” tambahnya.

Saat ini aturan lengkap WFA PNS sedang disusun pemerintah.

“(Aturan) sedang dikaji,” tutupnya.

Dalam hal ini, pemerintah memberikan kebebasan PNS untuk bekerja dari mana saja baik pinggir pantai, di mall, cafe hingga restoran atau dimana pun. Namun dengan syarat tidak menurunkan kinerjanya.

“Jadi mungkin konsepnya “Work from Anywhere”, yang penting kinerja dan target tercapai,” ujar Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama kepada pers, Rabu (11/5/2022).

Namun, nantinya sistem kerja ini tidak berlaku bagi seluruh PNS. Hanya posisi tertentu yang bisa melaksanakan WFA.

“Namun halnya, bagi unit kerja yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang tugas dan fungsinya menuntut kehadiran di kantor, tetap WFO,” jelasnya.

Untuk rincian lengkap mengenai aturan WFA, saat ini pemerintah sedang menyusunnya. Nantinya dalam aturan ini akan dituliskan secara detail posisi apa saja yang diperbolehkan WFA dan tidak.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, juga telah memberikan keringan kepada ASN dengan memperbolehkan kerja dari rumah (WFA) bagi PNS selama sepekan seusai balik dari mudik Lebaran 2022.

Menurut Tjahjo Kumolo kebijakan tersebut diambil untuk mendukung kelancaran arus balik mudik lebaran, kata Tjahjo, sistem bekerja dari rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk isolasi mandiri (isoman) setelah kembali dari kampung halaman, mengingat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

“Harapannya, kebijakan WFH ini dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan kasus Covid-19,” ujar Tjahjo dalam pernyataan tertulis, Selasa (10/5).

Pada dasarnya karena masih pandemi, sistem WFH dan bekerja dari kantor (WFO) diatur sesuai wilayah yang termaktub dalam Inmendagri dan berdasarkan SE Menteri PANRB Nomor 6/2022.

Merujuk pada SE Menteri PANRB tersebut, pembagian WFH dan WFO dilakukan oleh seluruh instansi, baik pusat dan daerah.

“Tentu kebijakan ini juga melihat kondisi setiap daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda,” kata Tjahjo.

Lebih lanjut, mantan Menteri Dalam Negeri ini pun memastikan pelaksanaan WFH tidak mengganggu pelayanan bagi masyarakat. Dia meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) mengatur pelaksanaan WFH di instansinya sesuai karakteristik instansi masing-masing.

 

Sumber: Harianhaluan.com

Load More Related Articles
Load More By frisca angelhine
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Anjangsana Kelistrikan, Persembahan PLN UIW Sumbar untuk Guru Terbaik

Publiksultra.id – Berkenaan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperin…